Membuat Akta Kelahiran di Kota Bogor


simbol-kota-bogorKalau ingin membuat akta kelahiran untuk anak kita, lebih baik persiapkan sejak sebelum persalinan. Rencanakan persalinan di rumah sakit atau rumah bersalin dengan pertolongan dokter atau bidan. Rumah sakit atau rumah bersalin biasanya akan membuat surat keterangan lahir—bahkan ada RS swasta yang bersedia membuatkan akta kelahiran sekaligus.

Beberapa waktu lalu aku menemukan warga yang sedang mengurus akta kelahiran di kantor catatan sipil, di Jalan Pajajaran. Karena lahirnya dengan paraji (dukun bayi), petugas catatan sipil menanyakan surat keterangan dari RT/RW menerangkan kalau proses kelahirannya di rumah.

Sejatinya, mengurus akta kelahiran di Kota Bogor itu gampang, meski perlu ada yang diperbaiki:

  • Ada surat keterangan lahir dari RS dengan tanda tangan dokter/bidan yang menolong. Di surat tersebut ada nama si bayi, waktu kelahiran serta berat dan panjang bayi.
  • Surat keterangan lahir perlu ditunjukan ke petugas kelurahan. Kelurahan juga akan membuat surat keterangan sendiri. Oia, bawalah surat keterangan dari RT dan RW tempat kita tinggal dan kartu keluarga (KK) kita.
  • Kalau belum punya KK, berarti harus diurus dulu. Nama anak kita yang baru lahir harus masuk dulu ke KK, jadi sebelum ngurus akta lahir, KK kita harus diupdate dulu. Jadi, untuk menambah anggota di KK tidak diperlukan akta lahir lho!
  • KTP asli dan FC orang tua anak yang baru lahir akan dicek oleh petugas catatan sipil. Kalau status orang tua masih bujang, mereka akan menolak aplikasi dan menyuruh kita untuk diperbaiki dulu KTPnya.
  • Surat nikah asli dan FC juga harus dibawa
  • Urusan mengubah atau mengupdate KK dan KTP dilakukan di catatan sipil juga, tepatnya di lantai bawah. Jangan putus asa kalau ngeliat antrian yang bisa mencapai 30an orang setiap pagi-nya. Para petugas bekerja dengan cepat,meski kondisi kantor dan ruang tunggu selayaknya perlu diperlebar dan dibuat lebih nyaman seperti kita mengantri di bank.
  • Kalau ada cadangan materai 6000-an, bisa dibawa. Setelah formulir kita isi, persyaratan kita lengkap nanti yang ngurus akta akan ditanda-tangan di atas materai.
  • Uang untuk 2 orang saksi , kita hanya perlu membayar se-ikhlas-nya (hehe..sebaiknya hal-hal seperti ini perlu diperbaiki,misalnya perlu di tampilkan tarif-nya menggunakan papan dan pembayaran bisa dilakukan di konter bank seperti di samsat)
  • Semakin cepat mengurus akta, semakin enak prosesnya. Kalau bisa kurang dari 2 bulan sejak hari kelahiran.

Secara umum, kota bogor punya aparat yang cepat dalam mengurus administrasi seperti ini. Kalau ingin lebih baik maka:

  • Transparan mengenai tarif dan proses pembayaran. Menampilkan papan dan membuka konter bank adalah salah satu contohnya. Setiap transaksi antara warga dengan pemerintah sebaiknya menggunakan tanda terima resmi.
  • Ruangan yang nyaman dengan layanan yang fleksible. Seperti samsat, catatan sipil mungkin bisa membuka konter di mall atau layanan keliling yang buka pada hari sabtu dan minggu. Bahkan malam minggu kalau perlu.

Pemerintahan adalah pelayan publik. Kalau tempat-tempat pelayanan publik tidak menjadi prioritas dan sebaliknya lebih memprioritaskan kantor-kantor para pejabat-nya maka ada hal yang keliru dalam memahami berjalannya roda pemerintahan.

About these ads

One response to “Membuat Akta Kelahiran di Kota Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s