Tips sukses mengelola kebun sawit


Ini kata Pak Goeltoem, seorang petani plasma di sebuah desa di Sumatra Selatan. Supaya sukses dalam mengelola kebun sawit, maka seseorang harus memiliki tiga hal.

Simak tips-nya berikut ini:

Modal

Mengelola kebun sawit membutuhkan modal yang besar, khususnya dalam pengadaan pupuk. Bila seorang ingin membuka kebun sawit mandiri, maka modalnya akan lebih besar lagi karena biaya pembangunan kebun semasa belum produksi (TBM, tanaman belum menghasilkan) akan ditanggung oleh sendiri. Berbeda dengan petani plasma, semasa TBM perusahaan inti akan menanggung biayanya dan baru akan ditagihkan setelah kebun tersebut menghasilkan (TM,tanaman menghasilkan).

Semasa produktif (TM), maka petani harus menyiapkan dana ratusan ribu sampai jutaan  untuk pupuk.  Di beberapa tempat, petani menggunakan 2-3 macam pupuk berbeda dan melakukan pemupukan dua kali selama setahun.  Artinya, setiap 6 bulan seorang  petani harus  menyisihkan dana minimal   sebesar  4,5 juta untuk itu kebun seluas 2 ha.

Seorang petani swadaya akan lebih berat lagi karena tidak tergabung dengan KUD plasma yang biasanya memberikan pinjaman lunak untuk pengadaan pupuk.

Pengetahuan

Punya modal, tapi tidak memiliki ilmu, maka kebun sawit akan sia-sia.  Seberapa besar jumlah pupuk yang dibutuhkan, bagaimana pemanenan dilakukan dan kegiatan perawatan lain yang diperlukan—adalah beberapa pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh seseorang  yang ingin mengelola kebun sawit.

Petani plasma biasanya mendapatkan ilmu tersebut dari kebun inti yang membina mereka.

Keberanian

Punya modal dan tahu tentang cara merawat sawit, tapi tak berani  membelanjakan uang untuk kegiatan perawatan, apa jadinya?  Jadinya, produksi buah sawit tidak akan optimal.

Sayang sekali jika tidak optimal. Kata Pak Goeltoem, masalah keberanian ini selalu terkait dengan pengelolaan keuangan rumah tangga petani. Rumahtangga petani sawit harus punya kesepakatan antara suami dan istri mengenai alokasi keuangan supaya kebun sawit tetap mendapat pasokan input yang memadai.

About these ads

9 responses to “Tips sukses mengelola kebun sawit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s